Sabtu, 22 Februari 2020

Adzan & Iqomah


Bacaan lafadz adzan dan iqomah adalah bacaan yang harus diketahui. Sebelum kita sholat pasti kita melafalkannya sebagai tanda bahwa waktu sholat telah tiba.

Sebelum shalat kita disunatkan mengerjakan adzan dan iqamah. Adzan ialah kata - kata seruan yang tertentu untuk memberi tahukan akan masuknya waktu shalat fardlu. Adapun iqamah ialah kata - kata sebagai tanda bahwa shalat akan dimulai. Shalat - shalat sunat tidak disunatkan menggunakan adzan dan iqamah, kecuali shalat sunat yang disunatkan berjama'ah, seperti tarawih, shalat'ied dan sebagainya, cukup dengan memakai seruan:

ASH-SHALAATUL JAMIAH

Artinya:
"Marilah kita bersama-sama mengerjakan shalat berjama'ah".
Atau dengan seruan dalam shalat tarawih, misalnya:
mengucapkan:

ASH SHALAATUT TARAAWIIHI RAHIMAKUMULLAAHU

.
Artinya:
"Kerjakanlah shalat tarawih semoga Allah melimpahkan rahmat kepada kamu sekalian".

Adzan dan iqamah hukumnya sunnat mu'akkad bagi shalat fardlu, baik dikerjakan berjama'ah maupun sendirian(munfarid).Disunatkan dengan suara yang keras kecuali di mesjid yang sudah dilakukan (sedang dilakukan shalat berjama'ah). Dikerjakan dengan berdiri dan menghadap kiblat.

Begitupun membaca do'a sesudah adzan adalah suatu hal yang baik dan usahakan jangan pernah ditinggal untuk dilafalkan supaya pahala kita terus bertambah dan kita mendapatkan faedah lain dari do'a itu.

Jika kita mau membaca do'a setelah adzan secara rutin, besar kemungkinan nanti akhlak kita akan terbawa menjadi akhlak yang baik dengan sendirinya.

Namun apakah kalian sudah tau dan hafal bunyi bacaan adzan, iqomah serta do'a sesudah adzan?

Jika belum, mari simak bersama-sama ulasan dibawah ini. Ulasan ini mempermudah kita semua yang belum atau sudah bisa membaca Al-Qur'an. Karena bacaan Adzan dibawah ini ditulis dalam bentuk bahasa arab dan latin (dalam tulisan indonesia).

Penulis sangat berharap besar semoga para generasi kita menjadi lebih baik dan semakin mudah dalam belajar, khususnya dalam mempelajari hal ini.

SYARAT SYARAT MUADZ-DZIN .
1. Beragama Islam.
2. Tamyiz dan laki-laki.
Makruh bagi orang yang berhadas keci latau besar. Dan disunatkan menyerukan adzan dengan suara yang nyaring dan merdu.


EmoticonEmoticon