Senin, 08 Juli 2019

Puasanya Rosululloh

Puasa adalah salah satu ibadah yang memiliki keistimewaan tersendiri dihadapan Allah SWT dan Rasul-Nya. Bahkan, dalam sebuah hadis qudsi Allah SWT menegaskan jika ibadah yang dilakukan seseorang semuanya diperuntukkan untuk dirinya kecuali puasa, karena puasa hanya diperuntukkan untuk Allah SWT dan Dialah yang akan membalasnya.
Lebih dari itu, karena keistimewaannya Allah SWT menyiapkan satu pintu khusus bagi orang yang berpuasa bernama “babur rayyan” untuk memasuki surga yang telah disiapkan-Nya, pintu tersebut tidak diizinkan untuk digunakan kecuali bagi mereka yang melaksanakan ibadah puasa.
Lebih lanjut, puasa sebagai sebuah ibadah memiliki beberapa manfaat yang dikhususkan baginya, diantaranya, untuk mengangkat derajat orang yang berpuasa di hadapan Allah SWT, untuk menghapus dosa-dosa orang yang melaksanakan puasa, untuk menghancurkan syahwat yang berada dalam diri orang-orang yang berpuasa, serta membentengi diri dari bisikan-bisikan maksiat.
Namun, manfaat dan keistimewaan yang dimiliki oleh ibadah puasa, baru bisa dirasakan oleh orang yang melaksanakan puasa, jika puasanya sesuai dengan tuntunan adab bagi orang yang berpuasa yang dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW. Dan untuk mengetahui adab orang yang berpuasa kita perlu mengetahui bagaimana Nabi Muhammad SAW berpuasa.
Jika ditinjau dari perintah-perintah Nabi Muhammad SAW bagi orang yang berpuasa, kita bisa mengetahui bagaimana cara Nabi Muhammad SAW berpuasa. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “siapa yang tak meninggalkan perkataan dan perbuatan yang keji, maka Allah SWT tidak butuh kepada pengorbanannya untuk meninggalkan makan dan minumnya” (HR. Muslim)
Dari hadis tersebut kita bisa mengetahui bahwasannya ketika berpuasa Nabi Muhammad SAW pasti senantiasa menjaga lisan, dan seluruh anggota tubuh beliau dari melakukan perbuatan keji. Sebagaimana perintah tersurat beliau kepada kaum muslimin dalam hadis di atas. Karena sejatinya, menjauhi dan meninggalkan perkataan dan perbuatan keji yang dapat merusak puasa adalah kewajiban bagi seluruh kaum muslimin yang berpuasa sebagaimana Rasulullah SAW mencontohkannya, jika mereka tidak ingin hanya mendapatkan haus dan lapar dari puasanya.
Rasulullah SAW bersabda: “betapa banyak dari orang yang melaksanakan qiyamullail hanya mendapatkan lelahnya tidak tidur dari qiyamullailnya, dan betapa banyak dari orang yang berpuasa hanya mendapatkan haus dan lapar dari puasanya” (HR. Ahmad)
Selain hal tersebut, ada hal yang sangat istimewa dari puasanya Rasulullah SAW yaitu kebiasaan beliau untuk senantiasa menyertai rasa keberadaan pertolongan Allah SWT dalam setiap puasa yang beliau laksanakan, hal tersebut terdeskripsikan dalam doa-doa beliau menjelang berbuka, sebagaimana diriwayatkan oleh al-Baihaqi bahwasannya Rasulullah SAW ketika berbuka membaca doa “segala puji bagi Allah SWT yang telah menolongku sehingga aku dapat berpuasa, dan memberikanku rizki sehingga aku dapat berbuka” (HR. Baihaqi)
Di balik keistimewaan cara Nabi Muhammad SAW berpuasa, dengan meninggalkan segala perkataan dan perbuatan keji yang bisa merusak nilai puasa beliau, serta kebiasaan beliau menghadirkan rasa keberadaan pertolongan Allah SWT dalam puasa yang beliau jalani, terdapat hikmah tersirat yang berupa keinginan beliau untuk menjadikan puasa sebagai salah satu media yang dapat melatih umatnya dalam menjaga perkataan dan perbuatan mereka, serta, dalam menghadirkan rasa keberadaan pertolongan Allah SWT dalam kebaikan yang mereka lakukan, agar mereka terhindar dari kesombongan diri yang dapat mencelakakan.

Sabtu, 11 Mei 2019

Puasa tapi tidak sholat?

Puasa seseorang yang tidak sholat maka puasanya tidak di terima, karena orang yang meninggalkan sholat adalah kafir.

Dalil meninggalkan sholat adalah kafir adalah firman Allah Ta'ala

فَإِنْ تَابُوا وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآَتَوُا الزَّكَاةَ فَإِخْوَانُكُمْ فِي الدِّينِ وَنُفَصِّلُ الْآَيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

“Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama . Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui.”
(Qs. At Taubah [9]: 11)

Dan dalil dari Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكُ الصَّلاَةِ

“Pembatas antara seorang muslim dengan kesyirikan dan kekafiran adalah meninggalkan shalat.”
(HR. Muslim no. 82)

الْعَهْدُ الَّذِى بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمُ الصَّلاَةُ فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ

“Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah mengenai shalat . Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.”
(HR. Ahmad, At Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah. Dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)

Dan para sahabat Nabi shallallahu'alaihi wa sallam tidak menganggap suatu amalan jika meninggalkannya akan menyebabkan kafir selain perkara sholat

Oleh sebab itu, kami katakan, “Shalatlah kemudian tunaikanlah puasa.” Adapun jika engkau puasa namun tidak shalat, amalan puasamu akan tertolak.. karena orang kafir (karena sebab meninggalkan shalat) tidak diterima ibadah dari dirinya.

[Sumber: Majmu’ Fatawa wa Rosa-il Ibnu ‘Utsaimin, 17/62, Asy Syamilah]

Senin, 06 Mei 2019

Dzikir

Panutan kita Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah sosok yang amat rajin beristighfar. Secara rutin beliau bertaubat kepada Allah ta’ala. Padahal beliau adalah orang yang telah diampuni seluruh dosanya. Allah ta’ala berfirman,

"إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا (1) لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَيَهْدِيَكَ صِرَاطًا مُسْتَقِيمًا (2) وَيَنْصُرَكَ اللَّهُ نَصْرًا عَزِيزًا (3)"

Artinya: “Sungguh Kami telah memenangkanmu (wahai Muhammad) dengan kemenangan yang nyata. Agar Allah memberikan ampunan kepadamu atas dosamu yang lalu dan yang akan datang. Serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan menunjukimu ke jalan yang lurus. Serta agar Allah menolongmu dengan pertolongan yang kuat”. QS. Al-Fath (48): 1-3.

Dalam sebuah hadits sahih disebutkan,

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، أَنَّ نَبِيَّ اللهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَقُومُ مِنَ اللَّيْلِ حَتَّى تَتَفَطَّرَ قَدَمَاهُ فَقَالَتْ عَائِشَةُ: "لِمَ تَصْنَعُ هَذَا يَا رَسُولَ اللهِ؟ وَقَدْ غَفَرَ اللَّهُ لَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ" قَالَ: "أَفَلاَ أُحِبُّ أَنْ أَكُونَ عَبْدًا شَكُورًا"

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwasanya Nabiyullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa shalat malam hingga kedua telapak kakinya bengkak. Aisyah pun bertanya, “Mengapa engkau lakukan ini wahai Rasulullah? Padahal Allah telah mengampuni dosamu yang telah lampau dan yang akan datang”.

Beliau menjawab, “Aku suka menjadi hamba yang bersyukur”. HR. Bukhari dan Muslim.

Walaupun dosa-dosa beliau telah diampuni Allah, namun beliau tetap memperbanyak istighfar dalam semua kesempatan.

Sebab para nabi dan rasul adalah orang-orang yang paling bersemangat dalam beribadah. Dikarenakan nikmat Allah yang begitu besar atas mereka, maka merekapun selalu bersyukur kepada Allah. Mereka juga mengakui kekurangannya dan merasa tidak mampu untuk ‘membalas’ karunia Allah dengan sempurna. Sehingga mereka memperbanyak istighfar.

Ditambah lagi, mereka adalah para panutan untuk umat manusia. Sehingga manakala mereka bertobat dan beristighfar maka itu adalah bentuk pensyariatan ibadah tersebut atas umat mereka. 

Lisan Nabi shallallahu ’alaihi wasallam dalam kesehariannya tidak lepas dari dzikir dan istighfar. Bahkan hingga di detik-detik akhir menjelang wafatnya pun beliau melantunkannya.

عَنْ عَائِشَةَ رضي الله عنها أَنَّهَا سَمِعَتْ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ قَبْلَ أَنْ يَمُوتَ، وَهُوَ مُسْنِدٌ إِلَى صَدْرِهَا، وَأَصْغَتْ إِلَيْهِ وَهُوَ يَقُولُ: "اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَارْحَمْنِي، وَأَلْحِقْنِي بِالرَّفِيقِ الْأَعْلَى".

Aisyah radhiyallahu ’anha menuturkan bahwa dia mendengar Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam_ menjelang wafatnya, dalam keadaan beliau bersandar di dadanya, beliau berkata, _“Ya Allah ampunilah aku, kasihanilah aku dan pertemukan aku dengan para nabi di surga yang tertinggi“. HR. Bukhari dan Muslim.

Maka, selaku ummat beliau, hendaklah kita berusaha meneladaninya. Sebab beliau berpesan,

"يَا أَيُّهَا النَّاسُ تُوبُوا إِلَى اللَّهِ وَاسْتَغْفِرُوهُ؛ فَإِنِّي أَتُوبُ إِلَى اللَّهِ وَأَسْتَغْفِرُهُ فِي كُلِّ يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ".

“Wahai para manusia, bertobatlah kalian kepada Allah dan mohonlah ampunan pada-Nya, sesungguhnya dalam sehari aku bertobat kepada Allah dan beristighfar sebanyak seratus kali”._ HR. Muslim serta Ahmad, dan ini adalah redaksi Ahmad.

Senin, 08 April 2019

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Sesungguhnya Allah Ta’ala mengkhususkan bulan Ramadhan di antara bulan-bulan lainnya dengan keutamaan yang agung dan keistimewaan yang banyak. Allah Ta’ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain” (QS. Al-Baqarah [2]: 185).

Di dalam ayat yang mulia ini, Allah Ta’ala menyebutkan dua keistimewaan bulan Ramadhan yang agung, yaitu:

Keistimewaan pertama, diturunkannya Al-Qur’an di dalam bulan Ramadhan sebagai petunjuk bagi manusia dari kegelapan menuju cahaya. Dengan kitab ini, Allah memperlihatkan kepada mereka kebenaran (al-haq) dari kebatilan.  Kitab yang di dalamnya terkandung kemaslahatan (kebaikan) dan kebahagiaan (kemenangan) bagi umat manusia, serta keselamatan di dunia dan di akhirat.

Keistimewaan ke dua, diwajibkannya berpuasa di bulan tersebut kepada umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika Allah Ta’ala memerintahkan hal tersebut dalam firman-Nya (yang artinya),” Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu” (QS. Al-Baqarah [2]: 185)

Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam, di antara kewajiban yang Allah Ta’ala wajibkan, dan telah diketahui dengan pasti bahwa puasa Ramadhan adalah bagian dari agama, serta berdasarkan kesepakatan (ijma’) kaum muslimin. Barangsiapa yang mengingkarinya (kewajiban puasa Ramadhan), maka dia telah kafir.

Barangsiapa yang  berada di negeri tempat tinggalnya (mukim atau tidak bepergian) dan sehat, maka wajib menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Sebagaimana firman Allah Ta’ala (yang artinya),” Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu” (QS. Al-Baqarah [2]: 185) Dan barangsiapa yang bepergian (musafir) atau sakit, maka wajib baginya mengganti puasa di bulan yang lain, sebagaimana firman Allah Ta’ala (yang artinya), “Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain” (QS. Al-Baqarah [2]: 185)

Dari sini jelaslah bahwa tidak ada keringanan untuk tidak berpuasa di bulan tersebut, baik dengan menunaikannya di bulan Ramadhan atau di luar bulan Ramadhan kecuali bagi orang yang sudah tua renta atau orang sakit yang tidak diharapkan kesembuhannya. Kedua kelompok tersebut tidaklah mampu berpuasa, baik di bulan Ramadhan atau di luar bulan Ramadhan. Bagi keduanya terdapat hukum (aturan) lain yang akan datang penjelasannya, in syaa Allah.

Dan termasuk di antara keutamaan bulan Ramadhan adalah apa yang dijelaskan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam shahihain dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ، وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

“Jika bulan Ramadhan tiba, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka, dan setan-setan dibelenggu”

Hadits ini menunjukkan atas keistimewaan yang agung dari bulan yang penuh berkah ini, yaitu,

Pertama, dibukanya pintu-pintu surga di bulan Ramadhan. Hal ini karena banyaknya amal shalih yang disyariatkan di bulan tersebut yang menyebabkan masuknya seseorang ke dalam surga. Sebagaimana firman Allah Ta’ala,

ادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan” (QS. An-Nahl [16]: 32).

Kedua, ditutupnya pintu-pintu neraka di bulan ini, disebabkan oleh sedikitnya maksiat yang dapat memasukkan ke dalam neraka, sebagaimana firman Allah Ta’ala,

فَأَمَّا مَنْ طَغَى (37) وَآثَرَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا (38) فَإِنَّ الْجَحِيمَ هِيَ الْمَأْوَى (39)

“Adapun orang yang melampaui batas, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya)” (QS. An-Nazi’at [79]: 37-39).

Dan juga firman Allah Ta’ala,

وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَإِنَّ لَهُ نَارَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا

“Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan rasul-Nya, maka sesungguhnya baginyalah neraka jahannam, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya” (QS. Jin [72]: 23).

Ketiga, setan-setan dibelenggu di bulan Ramadhan. Setan tidak mampu untuk menggoda (menyesatkan) manusia, menjerumuskan manusia dalam kemaksiatan, atau memalingkan manusia dari amal shalih, sebagaimana yang setan lakukan di selain bulan Ramadhan. Tercegahnya manusia -di bulan yang penuh berkah ini- dari melakukan berbagai hal yang keji merupakan rahmat untuk kaum muslimin, sehingga mereka pun memiliki kesempatan untuk mengerjakan berbagai amal kebaikan dan menghapus dosa-dosa mereka.

Dan termasuk dalam keutamaan bulan yang penuh berkah ini adalah dilipatgandakannya amal kebaikan di dalamnya. Diriwayatkan bahwa amalan sunnah di bulan Ramadhan memiliki pahala yang sama dengan amal wajib. Satu amal wajib yang dikerjakan di bulan ini setara dengan 70 amal wajib. Barangsiapa yang memberi buka puasa untuk seorang yang berpuasa, maka diampuni dosanya dan dibebaskan dari api neraka, dan baginya pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala oarang yang berpuasa tersebut sedikit pun.

Semua kebaikan, berkah, dan anugerah ini diberikan untuk kaum muslimin dengan datangnya bulan yang penuh berkah ini. Oleh karena itu, hendaklah kaum muslimin menyambut bulan ini dengan kegembiraan dan keceriaan, memuji Allah yang telah mempertemukannya (dengan bulan Ramadhan), dan meminta pertolongan kepada-Nya untuk dapat berpuasa dan mengerjakan berbagai amal shalih di bulan Ramadhan.

Sesungguhnya Ramadhan adalah bulan yang agung dan mulia, bulan yang penuh berkah bagi umat Islam. Kami memohon kepada Allah Ta’ala untuk menganugerahkan keberkahan bulan Ramadhan kepada kami.



Baca selengkapnya https://muslim.or.id

Shaf dalam sholat

Ibnu Hazm, Imam Bukhari, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan Asy Syaukani menganggap meluruskan shaf itu wajib. Dalil kalangan yang mewajibkan adalah berdasarkan riwayat An Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَتُسَوُّنَّ صُفُوفَكُمْ أَوْ لَيُخَالِفَنَّ اللَّهُ بَيْنَ وُجُوهِكُمْ

“Hendaknya kalian meluruskan shaf kalian atau tidak Allah akan membuat wajah kalian berselisih.” (HR. Bukhari no. 717 dan Muslim no. 436).

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Tidak lurusnya shaf akan menimbulkan permusuhan dan kebencian, serta membuat hati kalian berselisih.” (Syarh Muslim, 4: 157)

Perintah untuk meluruskan shaf juga disebutkan dalam hadits Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

سَوُّوا صُفُوفَكُمْ فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصَّفِّ مِنْ تَمَامِ الصَّلاَةِ

“Luruskanlah shaf karena lurusnya shaf merupakan bagian dari kesempurnaan shalat.” (HR. Bukhari no. 723 dan Muslim no. 433).

Dalam riwayat Bukhari dengan lafazh,

سَوُّوا صُفُوفَكُمْ فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصُّفُوفِ مِنْ إِقَامَةِ الصَّلاَةِ

“Luruskanlah shaf karena lurusnya shaf merupakan bagian dari ditegakkannya shalat.”

Dalil dari hadits Anas bin Malik,

عَنْ أَنَسٍ عَنِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ « أَقِيمُوا صُفُوفَكُمْ فَإِنِّى أَرَاكُمْ مِنْ وَرَاءِ ظَهْرِى » . وَكَانَ أَحَدُنَا يُلْزِقُ مَنْكِبَهُ بِمَنْكِبِ صَاحِبِهِ وَقَدَمَهُ بِقَدَمِهِ

“Dari Anas, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, ”Luruskanlah shaf kalian, aku melihat kalian dari belakang punggungku.” Lantas salah seorang di antara kami melekatkan pundaknya pada pundak temannya, lalu kakinya pada kaki temannya.” (HR. Bukhari no. 725).