Sabtu, 19 Januari 2019

Waktu-waktu Sholat Tahajud

Batas waktu sholat tahajud menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan oleh banyak orang yang berniat untuk melakukan sholat sunnah ini, karena sholat ini dilaksanakan ketika semua orang sedang beristirahat. Sepertiga malam terakhir merupakan waktu terbaik jika dilihat dari apa yang di contohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Untuk pembahasan lengkapnya, berikut ini beberapa pembagian batas waktu shalat tahajud.
1. Di Sepertiga Malam Pertama
Sholat Tahajud bisa dikerjakan pada di waktu sepertiga malam pertama, dan batas waktu sholat tahajud di sepertiga malam pertama pukul 22.00 malam, karena waktu sepertiga malam pertama ini terjadi setelah masuk waktu sholat isya sampai jam 22.00. Tetapi tetap harus diperhatikan mengenai syarat mengerjakan sholat tahajud ini, yakni haruslah terbangun dari tidur terlebih dahulu, walaupun hanya sekedar tertidur sekejap.
2. Di Sepertiga Malam Kedua
Adapun Batas Mengerjakan Sholat Tahajud di waktu sepertiga malam kedua terjadi di Tengah Malam (dini hari), karena Rentang sepertiga malam kedua ini antara pukul 22.00 hingga 01.00. Perlu kalian ketahui sebagai pembaca muslim dan muslimah bahwa waktu sholat tahajud di Sepertiga malam kedua ini dipercaya memiliki fadhilah serta keistimewaan untuk mereka yang berhasil melakukan sholat tahajud.
3. Di Sepertiga Malam Ketiga
Di waktu sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang paling utama untuk melakukan sholat tahajud. Rentang waktunya untuk waktu sepertiga malam terakhir adalah mulai pukul 01.00 hingga sebelum memasuki waktu subuh, sehingga batas waktu menunaikan sholat tahajud ini sebelum masuk waktu sholat wajib subuh sekitar jam 04.00 pagi.
Sepertiga malam terakhir inilah yang kemudian menjadi waktu paling utama untuk mengerjakan suatu amalan atau ibadah sunnah lainnya seperti sholat tahajud. Dengan cara memilih waktu yang paling utama ini, harapannya adalah agar fadhilah yang terdapat dalam sepertiga malam terakhir bisa diraih dan apa yang menjadi hajat (permohonan) kalian bisa dikabulkan oleh Allah SWT.
Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terkahir. Ia (Allah) pun berkata, “Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hinga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang beristihgfar sehingga Aku ampuni dosanya ? ”.
Kesimpulannya adalah Sholat Sunnah Tahajud ini bisa dikerjakan kapan saja di Malam Hari, asalkan dari masuk Waktu Sholat Isya sampai sebelum masuk Waktu Sholat Subuh dan dengan syarat harus tidur terlebih dahulu, walau tidurnya hanya sebentar saja.


EmoticonEmoticon